Jumat

Ini Adalah Jalan Lama

Posted By: Pesantren Yusuf Mansur
-----------------------------------------------------------------------------

Dakwah adalah jalan lama. Jalan ini pernah ditempuh oleh nenek moyang kita, para rasul mulia. Dengan dakwah ini, nama mereka terukir indah di dalam Al-Quran. Nuh as. misalnya. Beliau telah mencontohkannya kepada kita dengan baik. Dia mengajak kaumnya kepada agama Allah malam dan siang.
"Nuh berkata: "Ya Tuhanku sesungguhnya aku telah menyeru kaumku malam dan siang." (QS. Nuh: 5)
Juga Musa as. melakukan hal yang sama dengan apa yang dilakukan oleh Nuh as. Dia dan Harun as. telah mengajak Firaun yang zolim untuk kembali kepada agama yang fitrah.
"Sesungguhnya kami Telah datang kepadamu dengan membawa bukti dari Tuhanmu. dan keselamatan itu dilimpahkan kepada orang yang mengikuti petunjuk. (Thoha : 47)
Begitu juga Isa as. dia adalah manusia yang sabar dan santun dalam mengajak kaumnya.
“Sesungguhnya aku datang kepadamu dengan membawa hikmah dan untuk menjelaskan kepadamu sebagian dari apa yang kamu berselisih tentangnya, maka bertakwalah kepada Allah dan taatlah kepadaku." (Az Zukhruf: 63)
Termasuk di dalamnya Muhammad Saw., teladan kita, juga telah melakukan hal yang sama.
“Aku dan orang-orang yang mengikutku, menyeru kepada Agama Allah berdasarkan keterangan dan bukti yang jelas." (QS. Yusuf 12: 108)
Begitulah orang-orang terbaik terdahulu telah menyeru manusia kepada jalan ini. Perjalanan hidup mereka begitu indah untuk dikisahkan. Menjadi mulia dimata Allah dan menjadi teladan untuk generasi sekarang dan yang akan datang.

Jalan ini adalah jalan lama. Setiap jalan ada ujungnya. Jalan para rasul ujungnys surga. Siapa yang menempuhnya pasti akan sampai kesana juga. Saya ingin bertanya kepada anda, adakah keinginan untuk lewat dan menggapai ujungnya?
 -----------------------------------------------------------------------------
Jalan mulia itu bernama dakwah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar