Jumat

Just Do It

Posted By: Pesantren Yusuf Mansur
-----------------------------------------------------------------------------

Perlihatkan kemampuan kita. Tiap orang berhak menyampaikan. Tunjukkan dulu kemampuan kita. Setelah pertunjukan selesai, barulah ada evaluasi. Dan evaluasi selalu terjadi belakangan, dan jarang diawal waktu. Evaluasi gunanya untuk menambal yang bolong, memperbaiki yang salah.

Dengan menunjukkan kerja akan diketahui apa yang kurang. Itu akan memberikan tambahan-tambahan dan perbaikan. Begitu juga ketika kita sedang dalam berproses menjadi baik dalam dakwah, sampaikan saja dulu, nanti akan kelihatan mana yang lebih dan mana yang kurang untuk kemudian meminta masukan.

Ketika anda meminta masukan, maka akan ada banyak orang yang akan memberikannya. Jangan takut tidak dapat menemukan orang yang mau memberi saran. Ada banyak manusia yang akan suka rela dan bahkan cepat memberikannya untuk anda. Sebab memberi saran dan apalagi kritik adalah hobi manusia. Jadi enjoy saja!

Inti dalam berproses adalah: Just do it! Lakukan saja dulu. Kemudian mintalah saran dari orang sekitar anda untuk perbaikan. Bila anda melakukan ini secara konsisten, maka lambat laun anda akhirnya akan menemukan peningkatan skil dakwah yang memadai.

Untuk memulainya, saya punya tips yang baik untuk memandu kita:
Kerjakanlah yang susah seolah ia mudah, untuk mencegah rasa kecil hati. Dan lakukan yang mudah seolah ia sukar, untuk mencegah adanya kepercayaan yang berlebihan.
Dengan dua tips ini, mudah-mudahan kita bisa menaklukkan perasaan terlalu takut ketika hendak memulai dan perasaan terlalu meremehkan ketika sudah merasa memadai.

-----------------------------------------------------------------------------
Berproses itu asyik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar