Kamis

Fastabiqul Khoirot

Posted By: Pesantren Yusuf Mansur
-----------------------------------------------------------------------------

Salah satu jalan untuk menggapai kesuksesan dalam dakwah adalah dengan memiliki semangat pemenang. Seorang pemenang baru disebut pemenang ketika dia telah berlomba. Bila tidak pernah berlomba, maka seseorang tidak akan pernah menang. Sebab kemenangan itu hanya akan lahir dari perlombaan.

Dan syukurnya! Islam sangat menganjurkan perlombaan. Dan perlombaan itu hanya boleh dalam rangka kebaikan. Allah SWT berfirman, fastabiqul khoirot
"Maka berlomba-lombalah kamu dalam kebaikan." (Qs Al-Baqarah ayat 148)
Berlombalah dalam dakwah. Berlombalah dalam menyeru pada kebaikan Islam dan mencegah kemungkaran. Sebab ini adalah pekerjaan paling mulia sedangkan zaman makin edan.

Kalau setan menyerukan kepada kebatilan, kita harus menyerukan kebenaran. Kalau setan bisa menyesatkan banyak orang, kita harus bisa menyelamatkan orang lebih banyak lagi. Bila setan mengajak banyak orang ke dalam kelompoknya, maka kita harus bisa mengajak lebih banyak orang ke dalam kelompok Islam.Begitulah seharusnya sikap seorang yang sedang berlomba. Ia tidak boleh lengah.

Setan itu, yang berasal dari golongan jin dan manusia, selalu bersiap siaga dan telah mengerahkan segenap tenaga untuk menjerat kita. Dari itu kita juga harus bersiap-siaga, mencurahkan segenap tenaga untuk mengalahkan mereka. Karena berlomba itu sendiri adalah usaha menekan sekuat mungkin tenaga diri kita sampai melebihi orang yang disebelah kita.

Berlomba itu, hendaknya kita mulai dari pagi hari. Sebab baginda Nabi Saw menyuruh kita untuk memikirkan masalah umat Islam sejak pagi hari. Dan beliau mencela siapa saja yang tidak melakukannya dengan sebutan laysa minhum bukan bagian dari umat Islam.

“Siapa yang bangun di subuh hari sedangkan ia tidak memikirkan nasib kaum muslim, ia bukan muslim.” (HR. Ahmad)
Dari itu, bila anda benar-benar ingin menjadi seorang dai yang sukses, maka anda harus tanamkan dalam benak bahwa anda akan siap sedia berlomba setiap hari. Bisikkan dalam hati, "Siapa berikutnya yang akan saya layani?" Teruslah begitu setiap hari.
-----------------------------------------------------------------------------
Berlomba itu jalan menjadi pemenang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar