Rabu

Paham Ide

Posted By: Pesantren Yusuf Mansur
-----------------------------------------------------------------------------

Kelemahan yang sering kita lihat pada para da'i muda adalah kurangnya penguasaan terhadap ide Islam. Padahal pengetahuan akan ini adalah keharusan bagi da’i. Seorang da’i harus sangat akrab dan mengenal seluk-beluk pemikiran Islam. Sebab, bagaimana seorang dai dapat meyakinkan mad’u bahwa ide yang dia emban akan bermanfaat bagi mad'u bila dia sendiri tak memahami ide yang dia emban? Rasanya aneh bila ada da’i yang tidak menguasai ide yang diembannya.

Penguasaan terhadap ide Islam yang didukung dengan dalil yang sahih bertujuan untuk memberikan pemahaman yang benar tentang Islam.

Semakin luas dan mendalam penguasaan kita akan ide-ide dakwah, semakin mudah dan simpel penyampaian dakwah kita. Sebaliknya, bila semakin dangkal penguasaan kita akan ide-ide dakwah, semakin ribet dan susah penyampaian ide dakwah. Orang bijak mengatakan, orang yang tak punya tak dapat memberi. Orang yang tak paham, tak dapat diharapkan.

Jangan sampai kita dicuekin dan dijauhi orang gara-gara kita tak paham. Kalau sudah dicuekin dan dijauhi orang, kita akan rugi karena kehilangan banyak kesempatan memberi. Karena itu, pahamilah ide dakwah seutuhnya.

-----------------------------------------------------------------------------
Paham ide adalah salah satu saluran hidayah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar