Rabu

Bukan Bakat Tapi Tekad

Posted By: Pesantren Yusuf Mansur
-----------------------------------------------------------------------------

Masih merasa tidak layak untuk berdakwah? Merasa kurang cukup ilmu? Kalla… janganlah begitu! Tak ada da’i hebat yang mengawali dakwahnya dengan sempurna. Keadaan mereka juga sama seperti pemula lainnya ketika mulai berdakwah. Bukankah kita sering menyaksikan seorang biasa atau bahkan kurang biasa, seorang preman misalnya, berubah menjadi juru dakwah hebat?

Terkadang membutuhkan waktu lama untuk dapat lancar mengajak orang. Fakta menunjukkan bahwa perbedaan antara mereka yang sukses dengan yang gagal hanya pada kerja kerasnya dalam waktu yang lama. Hanya tekad kuatlah yang dapat membuat orang tahan lama dalam menempa diri.

Namun lama bukan berarti kita tidak bisa mengajak orang sekarang ini. Umar bin Khattab r.a. telah mengajak orang dihari pertama dia masuk Islam. Walaupun belum cukup ilmu tapi beliau cukup paham dan cukup tekad.

Mulailah secara bertahap mengasah kemampuan kita. Asahlah pikiran dengan banyak membaca dan diskusi. Pertajam kepekaan kita dengan banyak bergaul dengan berbagai tipe manusia. Mulailah berlatih dari yang ringan dan dari yang jarang. Kemudian meningkat menjadi yang agak berat dan agak sering. Kemudian beranjak ke yang berat dan lebih sering. Seterusnya beranjak ke yang lebih dan lebih lagi.

Seperti seorang atlet angkat besi, dia tidak akan sukses tanpa melalui berbagai tahapan latihan. Mulai dari mengangkat beban kiloan, puluh kiloan sampai ratus kiloan. Jagalah terus ritme semangat kita. Jadikan hari-demi hari sebagai hari yang menggairahkan untuk berproses dalam dunia dakwah.

-----------------------------------------------------------------------------
Kunci sukses berdakwah ada pada latihan rutin yang sungguh-sungguh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar